AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH BESERTA PENILAIANNYA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KABUPATEN GUNUNGKIDUL BERDASARKAN PEMANFAATAN JENIS SUMBER INFORMASI OLEH GURU

Pratama, Ihsan Adi (2017) AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH BESERTA PENILAIANNYA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KABUPATEN GUNUNGKIDUL BERDASARKAN PEMANFAATAN JENIS SUMBER INFORMASI OLEH GURU. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
COVER.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya pada mata pelajaran biologi, serta pengaruh banyaknya pemanfaatan sumber informasi terhadap aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan September – Desember 2016. Responden dalam penelitian ini yaitu guru SMA Negeri di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 29 orang. Variabel yang diamati adalah aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya. Aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya dikaitkan dengan salah satu variabel yaitu pemanfaatan banyaknya jenis informasi. Data yang dihimpun meliputi data aspek keterampilan dasar (basic skills), aspek keterampilan memproses (process skills), dan aspek keterampilan menginvestigasi (investigative skills). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket, yang didukung dengan wawancara kepada guru dan peserta didik. Teknik analisis data secara statistik deskriptif dengan menghitung persentase dari modus. Hasil analisis menunjukkan bahwa Sebagian besar guru biologi di SMA Negeri Kabupaten Gunungkidul yang ditinjau dari pemanfaatan banyaknya jenis sumber informasi, telah mengaktualisasikan pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya dalam mata pelajaran biologi. Hal tersebut sesuai dengan hakikat pembelajaran biologi yang menekankan peserta didik melakukan proses sains untuk menemukan fakta dan konsep. Banyaknya jenis sumber informasi yang dimanfaatkan oleh guru tidak mempengaruhi guru dalam hal aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya dalam mata pelajaran biologi. Sebagian tidak mengajarkan dan menilai metode ilmiah pada aspek keterampilan dasar, namun untuk aspek keterampilan memproses dan aspek keterampilan menginvestigasi kedua kelompok guru tersebut mengajarkan metode ilmiah beserta penilaiannya yang melekat pada pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aktualisasi, pembelajaran metode ilmiah, sumber informasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 06 Mar 2018 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55814

Actions (login required)

View Item View Item