Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Web Kelas 4 Di SD Negeri Pilangrejo I Juwangi Boyolali.

Nugroho, Fandi (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Web Kelas 4 Di SD Negeri Pilangrejo I Juwangi Boyolali. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fandi-nugroho-12712251016.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran pembelajaran interaktif tematik-integratif untuk kelas IV Sekolah Dasar dan (2) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran interaktif tematik-integratif untuk kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan. Uji coba subyek penelitian ini adalah siswa didik kelas IVA, dan IVB di SD Negeri 1 Pilang rejo. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan yang meliputi beberapa tahap: (1) perencanaan; (2) desain; (3) pengembangan produk dan (4) evaluasi. Tahap perencanaan mencakup persiapan awal. Tahap desain meliputi penyusunan struktur program, pembuatan story board, perancangan antar-muka, penyusunan sistematika penyajian materi, ilustrasi, visualisasi. Tahap pengembangan produk terdiri dari penulisan teks, pemasangan gambar, pemasangan animasi, pemilihan dan pemasangan audio, pencarian dan pemasangan video, pembuatan forum diskusi, pembuatan hiperlink, serta pembuatan dan pemasangan kuis. Tahap evaluasi dilakukan dalam bentuk tes alpha berupa validasi ahli media dan ahli materi, tes beta berupa uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan, serta uji efektivitas berupa tes hasil belajar. Hasil penelitian menghasilkan multimedia pembelajaran yang telah sesuai fungsinya. Hasil rata-rata penilaian dalam prosentase oleh validator ahli media dari aspek pemrograman dan tampilan sebesar 82,5% dengan kategori “Sangat Baik”.Penilaian ahli materi pada aspek isi dan pembelajaran dalam prosentase sebesar 71%, dengan kategori “Sangat Baik”. Tanggapan siswa terhadap multimedia di lapangan mendapat rata-rata nilai akhir dalam prosentase sebesar 71,33% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan data Pre-tes dan Post-tes dapat diketahui kemampuan awal siswa didapatkan nilai rerata 66,03 sedangkan kemampuan setelah menggunakan produk pengembangan didapatkan nilai dengan rerata 80,93. Berdasarkan rerata Post-tes dan Pre-tes terdapat peningkatan nilai rerata 14,9. Nilai rerata yang didapat kemudian dikonversi pada perhitungan nilai gain score. Secara keseluruhan pada perhitungan nilai gain score diperoleh nilai rerata sebesar 0,62 pada 30 siswa, dengan kategori “Sedang”. Kata kunci: pengembangan, multimedia, pembelajaran berbasis web.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2018 08:16
Last Modified: 09 May 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55812

Actions (login required)

View Item View Item