Pengaruh Metode PQ4R terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Resiliensi Siswa pada Pelajaran IPA di Kelas V SDN Karawang Kulon II Kabupaten Karawang

Vuri, Devita (2017) Pengaruh Metode PQ4R terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Resiliensi Siswa pada Pelajaran IPA di Kelas V SDN Karawang Kulon II Kabupaten Karawang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-devita-vuri-15712259031.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan pengaruh metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 2) perbedaan pengaruh metode PQ4R terhadap resiliensi siswa, dan 3) perbedaan pengaruh metode PQ4R terhadap kemampuan berpikir kritis dan resiliensi siswa pada pelajaran IPA di kelas V SDN Karawang Kulon II Kabupaten Karawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan pretest-postest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Karawang Kulon II Kabupaten Karawang dengan jumlah 6 kelas dari kelas VA – VF. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih 2 kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode PQ4R dan VB sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis dan skala resiliensi siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal uraian pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis dan skala resiliensi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu independent sample t-test dan manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan pengaruh penggunaan metode PQ4R terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran IPA di kelas V SDN Karawang Kulon II dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, 2) ada perbedaan pengaruh penggunaan metode PQ4R terhadap resiliensi siswa dalam pelajaran IPA di kelas V SDN Karawang Kulon II dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan 3) ada perbedaan pengaruh penggunaan metode PQ4R terhadap kemampuan berpikir kritis dan resiliensi siswa pada pelajaran IPA di kelas V SDN Karawang Kulon II dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kata kunci: metode PQ4R, kemampuan berpikir kritis, resiliensi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2018 07:45
Last Modified: 09 May 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55811

Actions (login required)

View Item View Item