Pengaruh Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Keterampilan Proses dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD/MI Gugus III Sukakarya Kota Sabang

Sanjaya, Arie (2017) Pengaruh Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Keterampilan Proses dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD/MI Gugus III Sukakarya Kota Sabang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arie-sanjaya-15712259025.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui besarnya pengaruh lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap keterampilan proses IPA, (2) mengetahui besarnya pengaruh lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap kemampuan berpikir kritis IPA, dan (3) mengetahui besarnya perbedaan pengaruh lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap keterampilan proses dan berpikir IPA kritis secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan quasi exsperimen dengan menggunakan pretestposttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD/MI Gugus III Sukakarya Kota Sabang sebanyak tujuh sekolah. Sampel penelitian yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, hasil yang didapat adalah siswa kelas V SD Negeri 19 Sabang sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen I, siswa kelas V SD Negeri 21 Sabang sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen II, dan siswa kelas V SD Negeri 23 Sabang sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data keterampilan proses diperoleh dari observasi dengan menggunakan chek list, sedangkan data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari pretest dan posttest. Validasi instrumen diukur dengan uji statistic Pearson correlation dan reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach’s. teknik analisis data yang digunakan, yaitu independent sample t-tes dan manova dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap keterampilan proses dalam pembelajaran IPA, dengan nilai signifikan sebesar 0.005, (2) terdapat pengaruh penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap berpikir kritis dalam pembelajaran IPA, dengan nilai signifikan sebesar 0.000, dan (3) terdapat perbedaan pengaruh lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap keterampilan proses dan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA, dengan nilai signifikan sebesar 0.000. Dengan demikian lingkungan sekolah sebagai sumber belajar lebih efektif digunakan untuk pelajaran IPA dalam meningkatkan keterampilan proses dan berpikir kritis siswa pada materi jenis-jenis tanah. Kata Kunci: lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, keterampilan proses, berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2018 07:34
Last Modified: 09 May 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55809

Actions (login required)

View Item View Item