Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach Melalui Metode Discovery Learning dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kerja Sama Siswa Kelas III SD

Yulistia, Annisa (2017) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach Melalui Metode Discovery Learning dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kerja Sama Siswa Kelas III SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-annisa-yulistia-15712251009.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar berbasis scientific approach melalui metode discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kerja sama siswa kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang mengadopsi model Borg & Gall. Langkah pengembangan buku cerita bergambar meliputi; 1) studi pendahuluan; 2) perencanaan; 3) pengembangan draft awal produk; 4) uji coba terbatas; 5) revisi produk uji coba terbatas; 6) uji coba diperluas; 7) revisi produk uji coba diperluas; 8) uji operasional; 9) revisi produk akhir; dan 10) diseminasi dan implementasi. Implementasi produk terdiri dari uji coba terbatas (uji coba pertama) terdiri dari 9 siswa kelas III S Joannes Bosco. Uji coba diperluas (uji coba kedua) terdiri dari 15 siswa kelas III SD N Serayu. Uji operasional terdiri dari 25 siswa SD Joannes Bosco dan 25 siswa SD N Serayu pada kelas eksperimen. Kelas kontrol terdiri dari 25 siswa SD Muhammadiyah Gendeng. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket penilaian buku cerita ebrgambar untuk ahli materi dan ahli bahasa, angket respon guru, angket respon siswa, angket kerja sama siswa, soal tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Analisis data menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) buku cerita bergambar berbasis scientific approach melalui metode discovery learning yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba di sekolah; 2) buku cerita bergambar berbasis scientific approach melalui metode discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa; dan 3) buku cerita bergambar berbasis scientific approach melalui metode discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan kerja sama siswa. Kata kunci: buku cerita bergambar, scientific approach, discovery learning, berpikir kreatif, kerja sama

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:36
Last Modified: 09 May 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55803

Actions (login required)

View Item View Item