PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAMEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA ANAK AUTIS KELAS TAMAN KANAK-KANAK B DI SLB CITRA MULIA MANDIRI

Intan, Dwi Cahyani (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAMEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA ANAK AUTIS KELAS TAMAN KANAK-KANAK B DI SLB CITRA MULIA MANDIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Intan Dwi Cahayni_13103241088.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Pramembaca Permulaan melalui metode global pada anak autis kelas TK B di SLB Citra Mulia Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari satu siswi autis kelas TK B di SLB Citra Mulia Mandiri. Teknik pengumpulam data dilakukan dengan tes kemampuan Pramembaca Permulaan dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan kategori pramembaca permulaan mengalami peningkatan dalam bentuk perilaku belajar yang dapat ditandai dengan mampu mencapai kriteria keberhasilan yaitu memperoleh hasil persentase 86% dan anak mampu membaca dua maupun tiga kata tanpa bantuan gambar. Pada tahap pratindakan kemampuan Pramembaca Permulaan anak memperoleh persentase sebesar 63% yang termasuk dalam kriteria cukup dan anak belum mampu membaca dua kata maupun tiga kata tanpa bantuan gambar. Meningkat menjadi 71% dalam kriteria cukup pada siklus I dan anak mampu membaca dua kata maupun tiga kata dengan bantuan gambar dan prompt dari guru, dan menjadi 86% yang termasuk dalam kriteria sangat baik dan anak mampu membaca dua kata maupun tiga kata tanpa bantuan gambar sedikit prompt dari guru. Langkahlangkah penelitian untuk meningkatkan kemampuan Pramembaca Permulaan menggunakan metode global, yaitu: 1) anak diperlihatkan gambar, 2) membuat kalimat sederhana dari gambar yang dipilih, 3) membaca kalimat, 4) membaca kata, 5) membaca suku kata, 6) membaca huruf. Kesimpulan akhir bahwa Pramembaca Permulaan anak autis dapat ditingkatkan melalui metode global karena dalam penerapannya metode global menggunakan pendekatan kalimat dengan membaca kalimat secara utuh dengan bantuan gambar maupun tanpa bantuan gambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:55
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55787

Actions (login required)

View Item View Item