PENGARUH MEDIA FUN THINKERS TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK TUNARUNGU KELAS VII SMPLB-B DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Emi, Sri Kurniawati (2017) PENGARUH MEDIA FUN THINKERS TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK TUNARUNGU KELAS VII SMPLB-B DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Emi Sri Kurniawati_13103241086.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Fun Thinkers terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLBB di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretestposttest design. Subjek penelitian menggunakan dua siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B yang mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan menggunakan statistik non parametrik jenis tes tanda. Hasil penelitian dari hasil uji tes tanda yang memperoleh Thitung = 0 (α = 0,05), jadi Th ≤ Tα, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti Media Fun Thinkers berpengaruh terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Pengaruh Media Fun Thinkers terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor hasil pretest dan posttest. Rata-rata skor pretest yang didapatkan yaitu 58,5 dan rata-rata skor posttest 90. Dimana terjadi kenaikan skor sebesar 31,5%. Hasil penelitian ini sesuai dengan tipe belajar anak tunarungu yaitu pemata, yang akan tertarik dengan media yang menyajikan gambar yang menarik seperti Media Fun Thinkers.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55785

Actions (login required)

View Item View Item