PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA MELALUI MEDIA GAMBAR BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Defitasari, Defitasari (2017) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA MELALUI MEDIA GAMBAR BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Defitasari_13103241081.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan penguasaan kosakata benda melalui media gambar berbasis lingkungan siswa tunarungu kelas dasar I di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu 2 siswa tunarungu AL dan LT kelas dasar I. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunaka observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan tes penguasaan kosakata. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media gambar berbasis lingkungan dapat memeperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan penguasaan kosakata benda pada siswa tunarungu kelas dasar I di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Hal tersebut terlihat dari peningkatan perhatian, aktivitas, dan respon siswa serta guru selama pembelajaran. Langkah-langkah pelaksanaan tindakan dalam proses penguasaan kosakata, yaitu: 1) menemukan kata baru dari lingkungan; 2) menemukan kata baru dengan memperhatikan ejaan dan ucapannya; 3) memahami makna kata secara lisan dan tulisan; 4) menguasai kata baru yaitu dengan menyatukan bentuk dan makna dalam ingatan dibantu dengan gambar; dan 5) menguasai kata baru dan menggunakannya dalam tindak komunikasi. Hasil penguasaan kosakata benda pada tes pra tindakan subjek AL mendapat skor 50 dan LT 40. Pada siklus I subjek AL mendapat skor 65 dan LT 50. Pada siklus II seluruh subjek mencapai KKM yang ditentukan yaitu AL mendapat skor 85 dan LT 70.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:29
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55784

Actions (login required)

View Item View Item