EFEKTIVITAS MEDIA DIORAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA AUTIS KELAS VI DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Ani, Iswandari (2017) EFEKTIVITAS MEDIA DIORAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA AUTIS KELAS VI DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ani Iswandari_13103244028.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media diorama dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa autis kelas VI di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuasi eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research). Subjek penelitian ini yaitu satu orang siswa autis kelas VI di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Desain penelitian subjek tunggal yang digunakan yaitu A-B-A’ yang meliputi fase baseline 1, fase intervensi, dan fase baseline 2. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis dalam dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa autis kelas VI di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan presentase skor rata-rata pada fase baseline 1 sebesar 56,6%, pada fase intervensi sebesar 95%, dan pada fase baseline 2 sebesar 93,3%. Perolehan presentase skor rata-rata pada fase baseline 2 yang lebih besar dibandingkan pada fase baseline 1 menunjukkan media diorama berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada siswa autis kelas VI. Hal ini juga diperkuat dengan perolehan presentase overlap yang rendah yakni tidak terdapat data antara fase baseline 1 (A) dengan fase intervensi (B) yang overlap dengan presentase overlap sebesar 0% dan data antara fase intervensi (B) dengan fase baseline 2 (A’) overlap sebesar 33,3%. Keefektifan media diorama ini juga didukung adanya prompt yang diberikan kepada siswa autis berupa prompt fisik dan prompt verbal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 16:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55778

Actions (login required)

View Item View Item