Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa SMP pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup

Rahman, Luthfi Riyadh (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa SMP pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup. S2 thesis, UNY.

[img] Text
CD.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis Adobe Flash yang layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VII SMP pada materi keanekaragaman makhluk hidup, (2) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran berbasis Adobe Flash yang dihasilkan dalam meningkatkan hasil belajar keanekaragaman makhluk hidup siswa kelas VII SMP, (3) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran berbasis adobe flash yang dihasilkan dalam meningkatkan keaktifan siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada langkah pengembangan Alessi & Trollip yang meliputi tiga tahapan yaitu perencanaan (planning), perancangan (design), dan pengembangan (development). Subjek coba dalam penelitian ini terdiri atas uji alpha dan uji beta. Uji alpha dilakukan oleh experst judgement sebanyak 4 orang yang terdiri dari 2 orang sebagai ahli materi dan 2 orang sebagai ahli media, sedangkan uji beta dilakukan dengan cara uji coba kelompok kecil oleh 5 siswa kelas VII SMP dan uji coba kelompok besar oleh 20 siswa kelas VII SMP. Pengambilan data peningkatan hasil belajar siswa dilakukan dengan cara pemberian tes yang meliputi pre-test dan post-test, sedangkan pengambilan data keaktifan siswa dilakukan dengan cara penilaian keaktifan siswa oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk multimedia pembelajaran keanekaragaman makhluk hidup yang dikembangkan dalam kriteria sangat layak digunakan baik dari segi aspek penilaian materi maupun aspek penilaian media, (2) multimedia pembelajaran keanekaragaman makhluk hidup efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan preseantase pencapaian dari 5% (pre-test) menjadi 91,5% (post-test), (3) multimedia pembelajaran keanekaragaman makhluk hidup efektif meningkatkan keaktifan siswa, yaitu dari keseluruhan aspek penilaian diperoleh presentase sebesar 66,90% dengan kriteria tinggi. Kata Kunci: multimedia pembelajaran berbasis adobe flash, hasil belajar siswa, keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:08
Last Modified: 09 May 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55777

Actions (login required)

View Item View Item