EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS VII DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Deva, Miranda Arum (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS VII DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Deva Miranda Arum_13103244027.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan penjumlahan pada siswa kelas VII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subyek Research (SSR) atau penelitian dengan subjek tunggal.Desain yang digunakan adalah A-B-A‟ yakni baseline satu, intervensi, dan baseline dua.Subjek penelitian ini adalah siswa autis kelas VII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta yang mengalami kesulitan dalam penjumlahan.Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Penyajian hasil penelitian menggunakan tabel dan grafik. Hasil penelitian membuktikan bahwa pendekatanpendidikanmatematika realistik efekif terhadapkemampuan penjumlahan untuk siswa kelas VII SMPLB. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya perolehan mean level yang diperoleh pada baseline satu, intervensi, baseline dua berturut-turut 0%, 84%, dan 96,66 %. Hal ini berarti terdapat kenaikan pada kemampuan penjumlahan sebelum dan sesudah diberikan intervensi sebesar 96,66%. Selain itu, Persentaseoverlap antar kondisi baseline satu dan fase intervensi yaitu 0 % dan fase intervensi dengan baseline dua yaitu sebesar 33,33 %. Secara keseluruhan penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik berpengaruh positif dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan pada siswa kelas VII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Feb 2018 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 16:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55775

Actions (login required)

View Item View Item