Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Malayu untuk Komunikasi di Yala Rajabhat University (Thailand).

Yengyuno, Soree (2018) Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Malayu untuk Komunikasi di Yala Rajabhat University (Thailand). S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas pembelajaran e-learning berbasis Moodle dengan aktivitas dalam applikasi Moodle seperti assesment, chat, forum dan quiz utuk menambah pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar terhadap mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Melayu untuk komunikasi di Fakultas Ilmu Budaya dan Ilmu Sosial Yala Rajabhat University; dan mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa antara dua kelompak yang diajarkan mengunakan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle dengan diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan jurusan bahasa Melayu di Yala Rajaphat University. Penelitian menggunakan 2 kelas, yaitu pada sebanyak 30 mahasiswa kelas A sebagai kelompok eksperimen dan pada 29 mahasiswa Kelas B sebagai kelompok kontrol. Kelas A diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle, sedangkan pada Kelas B diberikan perlakuan berupa pembelajaran konvesional (ceramah). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Desain quasi yang dipilih adalah control group pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan paired t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran e-learning berbasis Moodle efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan kenaikan rata-rata hasil belajar bahasa Melayu sebesar 48,1028; dan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle dengan menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah), yakni mean kelas eksperimen 32,5333 sedangkan kelompok kontrol 31,4483. Kata kunci: Efektivitas, e-learning berbasis moodle, hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2018 08:20
Last Modified: 09 May 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55717

Actions (login required)

View Item View Item