Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar PPKn di SMP

Rahim, Abdul (2017) Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar PPKn di SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS JD SATU.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui. (1) Pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap prestasi belajar PPKn di SMP, (2) Pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap prestasi belajar PPKn di SMP, dan (3) Perbedaan pengaruh penggunaan model Project Based Learning dengan Problem Based Learning terhadap prestasi belajar PPKn di SMP. Penelitian ini merupakan quasi experimental yang menggunakan pretest, posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple cluster random sampling, yaitu 2 kelompok eksperimen dan 1 kelompok kontrol, yang terdiri dari 34 peserta didik kelas eksperimen 1, 33 peserta didik kelas eksperimen 2, dan 34 peserta didik kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan observasi. Instrumen penelitian telah divalidasi oleh ahli dan diuji menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran pada taraf signifikasi sebesar 5 %. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh penggunaan menggunakan model Project Based Learning terhadap prestasi belajar PPKn, dengan memperoleh gain score sebesar 20,29 (kelas eksperimen 1). (2) Terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap prestasi belajar PPKn, dengan memperoleh gain score sebesar 18,48 (kelas eksperimen 2). (3) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan Project Based Learning dan Problem Based Learning terhadap prestasi belajar PPKn. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji one way anova yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (36,848 > 3,09) atau nilai p lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05). Penggunaan model Project Based Learning memperoleh gain score sebesar 20 (kelas eksperimen 1). Penggunaan model Problem Based Learning (kelas eksperimen 2) memperoleh gain score sebesar 18,49. Hasil tersebut menunjukkan penerapan Project Based Learning lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar PPKn di SMP, karena model tersebut dirasakan peserta didik sesuai dengan pembelajaran dan menghibur. Kata kunci: project based learning, problem based learning, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2018 02:40
Last Modified: 09 May 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55704

Actions (login required)

View Item View Item