PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AKSARA JAWA “DINTA SWARA”DALAM HURUF BRAILLE UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS IV

TRIYANTO, TRIYANTO (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AKSARA JAWA “DINTA SWARA”DALAM HURUF BRAILLE UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS IV. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TRIYANTO.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran aksara Jawa “dinta swara” dalam huruf Braille, dan (2) mengukur efektifitas modul pembelajaran aksara Jawa dalam meningkatkan kemampuan siswa tunanetra mengenai baca tulis aksara Jawa dalam huruf Braille. Pengembangan modul pembelajaran aksara Jawa ini dilakukan melalui studi pendahuluan, pembuatan desain produk, produk akhir, dan evaluasi. Tahap studi pendahuluan meliputi mengidentifikasi kebutuhan, melakukan analisis pembelajaran, dan mengembangkan bahan pembelajaran. Tahap desain produksi meliputi penyusunan naskah modul pembelajaran aksara Jawa,pengumpulan bahan pendukung penyusunan modul pembelajaran aksara Jawa, pengalih aksaraan dari tulisan biasa ke dalam tulisan Braille, dan tes secara modular. Tahap evaluasi meliputi validasi ahli materi, ahli media, dan ahli huruf Braille, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan lebih luas. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kuisioner dan tes, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran aksara Jawa “dinta swara” yang dikembangkan sudah sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik belajar siswa tunanetra kelas IV. Kesesuaian tersebut dibuktikan dari validasi ahli materi, validasi ahli media, validasi ahli huruf Braille, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan lebih luas. Modul pembelajaran aksara Jawa “dinta swara” dalam huruf Braille juga efektif untuk meningkatkan kemampuan baca tulis aksara Jawa siswa tunanetra kelas IV. Keefektifan tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil pretest dan posttest pada uji coba yang dilakukan. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh hasil pretest 41,67, posttest 75,84, meningkat sebesar 34,17. Sedangkan pada uji coba lapangan lebih luas diperoleh hasil pretest 44,00, posttest 70,67, meningkat sebesar 26,67. Modul tersebut berisi cara menghafalkan nama-nama aksara Jawa pada bab pertama, mengidentifikasi dan menghafalkan simbol Braille aksara Jawa pada bab kedua, latihan mmembaca/menulis kata/kalimat beraksara Jawa nglegeno dan yang dilengkapi dengan sandangan swara dan panyigeg pada bab ketiga, serta uji kompetensi pada setiap akhir bab. Kata Kunci: modul pembelajaran, aksara Jawa, huruf Braille, siswa tunanetra.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Feb 2018 08:45
Last Modified: 09 May 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55695

Actions (login required)

View Item View Item