Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online

Damanik, Ulfa Annida (2018) Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. S2 thesis, UNY.

[img] Text
ULFA ANNIDA DAMANIK_15723251006.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran faktor-faktor (sosial, pribadi, psikologis) dalam pengambilan keputusan pembelian produk fashion secara online, (2) Faktor-faktor (sosial, pribadi, psikologis) berpengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian produk fashion secara online. Pendekatan penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 UNY angkatan 2016 yang berjenis kelamin perempuan yang tersebar di 7 (tujuh) fakultas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket.Validitas instrumen penelitian terbagi menjadi dua, yakni validasi isi yang dilakukan melalui Judgement Expert, dan validasi konstruk dengan menggunakan analisis Pearson Correlation. Pengujian reliabilitas menggunakan konsep reliabilitas konsistensi internal dengan rumus Cronbach Alpha.Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada variabel faktor sosial termasuk dalam kategori tinggi dan berada di atas rata-rata kelompok yakni sebesar 59.5%. Variabel faktor pribadi termasuk dalam kategori tinggi dan berada di atas rata-rata kelompok yakni sebesar 70.2%. Pada variabel faktor psikologi termasuk dalam kategori tinggi dan berada di atas rata- rata kelompok yakni sebesar 57.6%. Pada variabel keputusan pembelian online termasuk dalam kategori tinggi dan berada di atas rata-rata kelompok yakni sebesar 68.4%. (2) Faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online dengan besar nilai Fhit (60.471) > Ftab (2.650) dan nilai probabilitas signifikansi 0.00 < 0.05. Adjusted R Square yang ditemukan dalam penelitian ini sebesar 0.366. Besarnya kontribusi faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi terhadap keputusan pembelian sebesar 36.6% dann sisanya 63.4% dijelaskan melalui faktor lain yang tidak diuji dalam penelitian. Variabel faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi memiliki sumbangan efektif masing-masing variabel sebesar 7.7% untuk variabel faktor sosial, sebesar 11.8% untuk variabel faktor pribadi, dan sebesar 17.1% untuk variabel faktor psikologi. Kata kunci: Faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologi, keputusan pembelian online.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Feb 2018 08:05
Last Modified: 09 May 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55693

Actions (login required)

View Item View Item