LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Elisabeth Endang Yulianita, Elisabeth Endang Yulianita (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
4. Elisabeth Endang Yulianita_14203241022_Pendidikan Bahasa Jerman.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) 2017 dilaksanakan di SMA N 1 Ngemplak, bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dalam rangka melatih dan mengembangkan potensi keguruan atau kependidikan. Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan melaksanakan praktik pembelajaran kelas, serta dapat digunakan oleh mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah. Selain itu, PLT dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan berbagai pihak, ditemukan beberapa persoalan atau permasalahan yang ada di SMA N 1 Ngemplak. Melihat situasi dan kondisi tersebut, maka dibentuk suatu rancangan program kerja PLT sebagai upaya menangani permasalahan yang ada. Program Kerja Praktek Lapangan Terbimbing yang dirancang meliputi: pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), analisis ulangan harian dan analisis ujian tengah semester. Dalam kegiatan PLT ini penulis mengajar Mata Pelajaran Bahasa Jerman. Mata pelajaran ini adalah mata pelajaran teori yang diberikan pada kelas XI dan XII untuk semua Jurusan. Penulis berkesempatan mendapat pengalaman mengajar di kelas XI IPA 1, IPA 2, IPS 1 dan IPS 2 sesuai hasil pembagian koordinasi dengan guru pembimbing Mata Pelajaran Bahasa Jerman. Secara keseluruhan program kerja PLT dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Hasil dari program kerja meliputi: terbuatnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan analisis ujian tengah semester. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55684

Actions (login required)

View Item View Item