Evaluasi Penyelenggaraan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Wardana, Wardana (2017) Evaluasi Penyelenggaraan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wardhana-09701251012(1).swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang evaluasi penyelenggaraan program studi Manajemen FE UNY ini bertujuan untuk: menentukan tingkat efektivitas (1) konteks tentang dukungan unsur terkait penyelenggaraan program studi, (2) masukan tentang kesiapan dosen, mahasiswa, serta sarana dan prasarana, (3) proses tentang proses pembelajaran, dan 4) produk tentang prestasi akademik dan masa studi lulusan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi menggunakan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP yang sangat adaptif untuk mengevaluasi pegawai, siswa, program, maupun proyek Kegiatan penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai dengan Desember 2015 di FE UNY. Sampel data primer berjumlah 165 mahasiswa dan 17 dosen, sedangkan data sekunder meliputi pendaftar tahun 2010-2014 dan sampel lulusan tahun 2013-2015 berjumlah 263 orang. Sampel mahasiswa ditentukan dengan teknik disproportionate stratified random sampling. Data primer dikumpulkan menggunakan kuisioner, sedangkan data sekunder menggunakan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: 1) konteks tentang dukungan unsur terkait penyelenggaraan program studi dinyatakan efektif, terbukti secara internal memiliki dukungan yang tinggi dari sivitas akademika program studi dan secara eksternal memiliki dukungan yang tinggi dari institusi lain yang sejenis dan institusi penyerap lulusan, serta tingginya animo pendaftar; 2) masukan dinyatakan efektif, terbukti dari tingginya kesiapan dosen, mahasiswa, serta sarana dan prasarana; 3) proses pembelajaran dinyatakan efektif, terbukti dari efektifnya kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan fasilitas, dan evaluasi pembelajaran; dan 4) produk dinyatakan efektif, terbukti dari sebagian besar mahasiswa dan lulusan memiliki indeks prestasi kumulatif minimal 3,20, namun target rerata masa studi lulusan maksimal 4 tahun belum terpenuhi. Kata kunci: evaluasi program, model CIPP, program studi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Feb 2018 03:01
Last Modified: 09 May 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55676

Actions (login required)

View Item View Item