Widayati, Nur Rohmah (2017) ANALISIS KETERCAPAIAN DIMENSI PROSES KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KABUPATEN PURBALINGGA DITINJAU DARI KURIKULUM YANG DIGUNAKAN. S1 thesis, Fakultas MIPA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HAL DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat ketercapaian dimensi proses kognitif C1-C6 di SMA Negeri pengguna Kurikulum 2013 di Kabupaten Purbalingga, dan (2) mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat ketercapaian dimensi proses kognitif C1-C6 antara SMA Negeri pengguna Kurikulum 2013 dan SMA Negeri pengguna KTSP di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan April hingga Juni 2017. Populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri pengguna Kurikulum 2013 dan kelas X di SMA Negeri pengguna KTSP di Kabupaten Purbalingga. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 6 kelas. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kurikulum yang digunakan sekolah yaitu Kurikulum 2013 dan KTSP, variabel tergayut adalah tingkat ketercapaian dimensi proses kognitif peserta didik, variabel pengganggu adalah input peserta didik dan latar belakang pendidikan guru dan lama guru mengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara tidak terstuktur kepada guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dengan menggunakan uji U-Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian dimensi proses kognitif peserta didik di SMA pengguna Kurikulum 2013 lebih dominan pada proses kognitif C1 (mengingat) hingga C4 (menganalisis) dengan prosentase ketercapaian 70 % sampai 86 %, namun tingkat ketecapaian pada proses kognitif C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta) masih rendah. Berdasarkan hasil uji U-Mann Whitney terdapat perbedaan tingkat ketercapaian dimensi proses kognitif antara SMA Negeri pengguna Kurikulum 2013 dengan SMA Negeri pengguna KTSP Kabupaten Purbalingga dengan nilai signifikansi 0,000.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dimensi proses kognitif C1-C6, Kurikulum 2013, KTSP |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 26 Feb 2018 02:16 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |