Evaluasi Implementasi Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) pada Mata Kuliah Bahasa Inggris di Universitas Klabat Airmadidi, Manado

Sinadia, Alfrits Roul (2018) Evaluasi Implementasi Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) pada Mata Kuliah Bahasa Inggris di Universitas Klabat Airmadidi, Manado. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Alfrits_Roul_Sinadia_PEP_S2.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan implementasi program pembelajaran bahasa Inggris mahasiswa menggunakan standar Cambridge English yang mengacu pada referensi Common European Framework Reference for Languages (CEFR). Tujuan spesifiknya ialah untuk mengetahui apakah proses pembelajaran telah dimplementasikan sesuai standar dan tingkat kompetensi bahasa Inggris mahasiswa telah tercapai sesuai standar. Apabila terdapat indikator keberhasilan yang belum tercapai, perlu dilakukan tindakan perbaikan pada masukan dan kegiatan program atau melakukan penelitian lain yang terkait dengan hasil evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan model evaluasi logika W. K. Kellog Foundation. Evaluasi ini dilakukan di Universitas Klabat yang terletak di Airmadidi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Subjek penelitian terdiri dari satu orang administrator, 487 mahasiswa, dan delapan dosen. Data dikumpulkan melalui angket yang diisi oleh administrator, mahasiswa, dan dosen serta dokumentasi hasil UTS dan UAS mahasiswa. Hasil pembuktian validitas isi instrumen menunjukkan bahwa semua butir angket memiliki angka V Aiken di atas 0,8, dan estimasi reliabilitas instrumen menghasilkan indeks sebesar 0,949. Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada indikator keberhasilan yang tercapai namun ada juga yang tidak. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran yang mengacu pada CEFR berada pada kategori “baik.” Namun, target tingkat kompetensi bahasa Inggris mahasiswa berada pada kategori “perlu perbaikan.” Kesimpulan pertama, proses pembelajaran yang mengacu pada CEFR telah berhasil dimplementasikan sesuai target. Kedua, tingkat kompetensi bahasa Inggris mahasiswa belum tercapai sesuai target. Untuk itu, penyelenggara program disarankan mengadakan penelitian yang lain untuk meneliti faktor-faktor yang menyebabkan tidak tercapainya target tingkat kompetensi bahasa Inggris mahasiswa. Kata Kunci: evaluasi, implementasi CEFR, pembelajaran bahasa Inggris

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2018 08:08
Last Modified: 09 May 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55665

Actions (login required)

View Item View Item