Perkembangan Kemampuan Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA di Kota Yogyakarta

Alfarisa, Fitri (2016) Perkembangan Kemampuan Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitri-alfarisa-14701251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik tes mata pelajaran ekonomi siswa SMA kelas X dan XI, (2) kesetaraan vertikal tes mata pelajaran ekonomi siswa SMA kelas X dan XI, (3) perkembangan kemampuan siswa SMA kelas X ke kelas XI pada mata pelaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMA di Kota Yogyakarta berdasarkan respon tes kemampuan siswa pada mata pelajaran ekonomi. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik stratified proporsional random sampling. Sekolah yang ditetapkan menjadi sampel adalah SMA N 9 Yogyakarta, SMA N 4 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, dan SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Ukuran sampel untuk kelas X sebesar 343 siswa dan kelas XII sebesar 306 siswa. Instrumen yang digunakan adalah dua perangkat tes mata pelajaran ekonomi berbentuk tes objektif dengan 5 pilihan jawaban dan menggunakan anchor sebesar 20%. Data yang berupa skor diolah dan disetarakan menggunakan desain common item nonequivalent groups dengan metode penyetaraan mean & sigma berdasarkan pendekatan teori respons butir model Rasch. Hasil penelitian ini adalah: (1) tes mata pelajaran ekonomi memiliki rerata tingkat kesukaran kategori sedang dengan nilai fungsi informasi maksimum sebesar 20,4102 pada θ sekitar 0,1 logit dengan SEM 0,2213 untuk kelas X, sedangkan nilai fungsi informasi maksimum sebesar 18,3379 pada θ sekitar 0,2 logit dan SEM 0,2335 untuk kelas XI; (2) hasil penyetaraan vertikal berdasarkan pendekatan model Rasch menunjukan persamaan konversi untuk kelas X ke kelas XI adalah b* = bx - 0,51; (3) terdapat perkembangan kemampuan siswa kelas X ke kelas XI atau kemampuan siswa kelas XI lebih tinggi dibandingkan kemampuan siswa kelas X.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perkembangan kemampuan, mata pelajaran ekonomi, penyetaraan vertikal
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2018 07:47
Last Modified: 20 Jun 2022 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55664

Actions (login required)

View Item View Item