Evaluasi Penyelenggaraan Program Seleksi Calon Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman

Dinihari, Anggie Nadia (2017) Evaluasi Penyelenggaraan Program Seleksi Calon Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Anggie Nadia Dinihari_15701251036.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi tentang program seleksi calon mahasiswa yang meliputi: (1) persiapan program, (2) pelaksanaan program, dan (3) hasil belajar mahasiswa berdasarkan tes masuk bagi mahasiswa pendidikan matematika di Universitas Mulawarman. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi discrepancy. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data berupa hasil seleksi masuk mahasiswa dan nilai indeks prestasi mahasiswa yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Data laporan sistem seleksi dikumpulkan dengan teknik wawancara dan menggunakan angket. Angket tentang data pribadi diberikan kepada responden sejumlah 78 mahasiswa program studi pendidikan matematika di Universitas Mulawarman. Objek penelitian ini adalah penyelenggaraan program seleksi mandiri yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan data dari tiap-tiap komponen atau variabel yang dievaluasi, sedangkan teknik deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan sistem seleksi masuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persiapan program seleksi calon mahasiswa dilakukan oleh Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Universitas Mulawarman yang meliputi: (a) pembentukan panitia penerimaan calon mahasiswa baru dengan susunan nama dan tugasnya masing-masing, dan (b) persiapan penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIA) berbasis jaringan (web), (2) pelaksanaan program seleksi calon mahasiswa baru sudah terlaksana dengan efektif dan efisien. Sejumlah calon mahasiswa yang mengikuti serangkaian tes seleksi hanya mengaku kesulitan pada tes yang diujikan, (3) hasil perolehan rerata nilai tes masuk mahasiswa pendidikan matematika adalah (a) 62,62 untuk mahasiswa melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), sedangkan rerata perolehan nilai indeks prestasi mahasiswa setiap semesternya adalah sebesar 3,32; 2,67; 2,67; 2,72; 2,92; dan 2,64, (b) 62,2 untuk mahasiswa melalui seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), sedangkan rerata perolehan nilai indeks prestasi mahasiswa setiap semesternya adalah sebesar 2,99; 2,54; 2,79; 2,95; 2,94; dan 3,07, dan (c) 53,89 untuk mahasiswa melalui seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri (SMMPTN) sedangkan rerata perolehan nilai indeks prestasi mahasiswa setiap semesternya adalah sebesar 2,46; 1,82; 1,65; 1,88; 1,89; dan 1,91. Kesimpulannya, seleksi program calon mahasiswa baru di Universitas Mulawarman terlaksana efektif, efisien, dan tidak terjadi kesenjangan selama penyelenggaraannya. Kata Kunci: sistem seleksi, tes seleksi masuk, discrepancy

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2018 07:36
Last Modified: 09 May 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55662

Actions (login required)

View Item View Item