Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Kelas X Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik Berorientasi pada Prestasi Belajar, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Perseverance Siswa.

Pradipta, Danu Jati (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Kelas X Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik Berorientasi pada Prestasi Belajar, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Perseverance Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-danu-jati-pradipta-15709251030.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMA berbasis masalah dengan pendekatan saintifik berorientasi pada prestasi belajar, keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan perseverance siswa yang layak bagi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Boja. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah model pengembangan ADDIE, yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas X SMA Negeri 1 Boja. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi belajar, tes keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan angket perseverance siswa. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal termasuk pada kategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru dan hasil penilaian siswa minimal pada kategori “baik” serta persentase keterlaksanaan pembelajaran minimal 90%. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase banyaknya siswa yang tuntas pada tes prestasi belajar matematika minimal mencapai 75% dan persentase banyaknya siswa yang tuntas pada tes keterampilan berpikir tingkat tinggi minimal mencapai 70%, serta total skor angket perseverance akhir lebih dari total skor angket perseverance awal dan minimal 75% siswa mencapai kategori “tinggi” dan “sangat tinggi”. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMA berbasis masalah dengan pendekatan saintifik berorientasi pada prestasi belajar, keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan perseverance siswa yang layak, yaitu valid, praktis, dan efektif. Persentase ketuntasan terhadap prestasi belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi berturut-turut adalah 81% dan 75%. Perseverance siswa sebelum menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan masuk kategori “sedang” dan setelah menggunakan perangkat yang dikembangkan menjadi “tinggi”.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2018 05:37
Last Modified: 09 May 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55656

Actions (login required)

View Item View Item