LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNY PERIODE 15 SEPTEMBER-15 NOVEMBER 2017 DI UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Hana Wahyuni, Hana Wahyuni (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNY PERIODE 15 SEPTEMBER-15 NOVEMBER 2017 DI UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hana Wahyuni.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik lapangan terbimbing (PLT) merupakan kegiatan yang bertujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai pendidik atau tenaga kependidikan. Diharapkan melalui PLT mahasiswa dapat menambah pengalaman, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi, meningkatkan keterampilan, kemandirian, dan tanggung jawab. Pada akhirnya mahasiswa dapat siap terjun ke dunia kerja. Laporan ini berisi tentang pelaksanaan PLT yang dilaksanakan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017. Kegiatan PLT dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul dan di Dusun Dusun Trowono A, Paliyan, Gunungkidul selama dua bulan. Adapun program yang dilakukan yaitu pembelajaran PAUD di KB Handayani dan KB Safira, kesetaraan paket A,B,C di SKB Gunungkidul dan Lapas Klas II B Wonosari, asistensi kursus, pengelolaan perpustakaan SKB Gunungkidul, administrasi lembaga, input data aset, lansia berdendang dan Literacy Camp di SD Trowono 1. Program rutin yang dilakukan yaitu rapat, apel dan konsultasi. Hasil pelaksanaan PLT di SKB Gunungkidul yaitu meningkatnya kompetensi mahasiswa sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan. Hal ini dapat dilihat dari output pelaksanaan program yang berupa pembelajaran di KB Handayani dan KB Safira terbantu, warga belajar kesetaraan memahami mata pelajaran yang diajarkan, terkelolanya program life skill, buku-buku di perpustakaan terklasifikasi, pengadministrasian kursus dan kesetaraan, aset lembaga terdata, meningkatnya, pengetahuan umum anak dan minat literasi anak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Mahasiswa, Program, SKB Gunungkidul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Feb 2018 01:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55641

Actions (login required)

View Item View Item