EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA

Ashshidiqqie, Muchammad Nurrizal Hasbi and Setyaningrum, Wahyu (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning terhadap kemampuan disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one – group pretest – posttest dan one – shot case study. Subjek penelitian adalah kelas X MIPA 2 yang dipilih secara acak dari 6 kelas untuk diberi perlakuan pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan meliputi kuisioner skala disposisi matematis siswa, tes kemampuan berpikir kreatif siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran matematika. Pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning dikatakan efektif jika (1) sebanyak lebih dari 70% siswa mendapatkan nilai rata – rata di atas 70; (2) skor kuisioner skala disposisi matematis akhir lebih baik dari skor kuisioner skala disposisi matematis awal, dan skor kuisioner skala disposisi matematis akhir minimal mendapat nilai dengan klasifikasi baik yaitu 84. Untuk mengambil kesimpulan data menggunakan analisis one sample t – test, one sample binomial test, dan paired samples t – test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning efektif terhadap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif, disposisi matematis, Group Investigation, Problem Based Learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 15:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55639

Actions (login required)

View Item View Item