Ashshidiqqie, Muchammad Nurrizal Hasbi and Setyaningrum, Wahyu (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, Fakultas MIPA.
|
Text
BAB 1.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning terhadap kemampuan disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one – group pretest – posttest dan one – shot case study. Subjek penelitian adalah kelas X MIPA 2 yang dipilih secara acak dari 6 kelas untuk diberi perlakuan pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan meliputi kuisioner skala disposisi matematis siswa, tes kemampuan berpikir kreatif siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran matematika. Pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning dikatakan efektif jika (1) sebanyak lebih dari 70% siswa mendapatkan nilai rata – rata di atas 70; (2) skor kuisioner skala disposisi matematis akhir lebih baik dari skor kuisioner skala disposisi matematis awal, dan skor kuisioner skala disposisi matematis akhir minimal mendapat nilai dengan klasifikasi baik yaitu 84. Untuk mengambil kesimpulan data menggunakan analisis one sample t – test, one sample binomial test, dan paired samples t – test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Problem Based Learning efektif terhadap disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kreatif, disposisi matematis, Group Investigation, Problem Based Learning |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 26 Feb 2018 02:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |