Keefektifaan Strategi Wordless Picture Books dan Strategi Double Entry Journals dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas VII SMP

Pritanova, Nola (2017) Keefektifaan Strategi Wordless Picture Books dan Strategi Double Entry Journals dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nola-pritanova-15715251028.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) keefektifan strategi Wordless Picture Books dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita dibandingkan dengan strategi konvensional dan (2) keefektifan strategi Double Entry Journals dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita dibandingkan dengan strategi konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) untuk membuktikan keefektifan strategi dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 121 siswa kelas VII di SMPN 11 Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan penentuan tersebut diperoleh kelas VII C sebagai kelompok eksperimen 1, kelas VII A sebagai kelompok eksperimen 2, dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi yang dikonsultasikan kepada ahli. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan simpulan sebagai berikut. Pertama, strategi Wordless Picture Books efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita dibandingkan dengan strategi konvensional terbukti dari hasil uji-t diperoleh nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Kedua, strategi Double Entry Journals efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita dibandingkan dengan strategi konvensional terbukti dari hasil uji-t diperoleh nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Kemudian, berdasarkan peningkatan nilai rata-rata, kelompok eksperimen 1 mengalami kenaikan sebesar 22,33, kelompok eksperimen 2 sebesar 15, dan kelompok kontrol sebesar 2,08. Berdasarkan penelitian ini, kedua strategi pembelajaran terbukti efektif untuk diterapkan. Kata kunci: strategi Wordless Picture Books, strategi Double Entry Journals, menulis cerita

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:24
Last Modified: 09 May 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55595

Actions (login required)

View Item View Item