Pengembangan Buku Teks Pembelajaran Menulis Teks Nonsastra Berbasis Pendekatan Proses untuk Siswa kelas XI SMA

Yanuar, Mustika Suci (2017) Pengembangan Buku Teks Pembelajaran Menulis Teks Nonsastra Berbasis Pendekatan Proses untuk Siswa kelas XI SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mustika-suci-yanuar-15715251046.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan buku teks pembelajaran menulis teks nonsastra berbasis pendekatan proses untuk siswa kelas XI SMA; (2) mengetahui kualitas buku teks pembelajaran menulis teks nonsastra berbasis pendekatan proses yang telah dikembangkan; dan (3) menguji keefektifan buku teks pembelajaran menulis teks nonsastra berbasis pendekatan proses untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Desain pengembangan meliputi: (1) pengumpulan informasi; (2) pengembangan produk; (3) uji coba produk; dan (4) revisi produk. Sebelum diuji coba, buku teks divalidasi oleh validator ahli materi ahli kegrafikan, dan praktisi. Subjek uji coba siswa kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta, SMA Negeri 9 Yogyakarta, dan SMA Negeri 7 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket, lembar observasi, dan tes. Teknik analisis data wawancara dalam tahap pengumpulan informasi dan observasi pada penggunaan produk menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Data angket dianalisis menggunakan konversi skor skala lima. uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 dilakukan untuk mengetahui keefektifan buku teks. Produk ini dikembangkan dengan memodifikasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall (1983) yang meliputi: (1) pengumpulan informasi; (2) pengembangan produk; (3) validasi produk; (4) revisi produk 1; (5) uji praktisi; (6) revisi produk 2; (7) uji lapangan terbatas; (8) revisi produk 3; (9) uji lapangan utama; dan (10) revisi akhir produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks yang dikembangkan berpredikat baik dengan persentase kualitas 83,34% yang didapatkan berdasarkan analisis hasil angket dari validator ahli materi dan kegrafikan, pendapat praktisi, dan respons siswa terhadap buku teks yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji lapangan, dapat diketahui bahwa produk yang telah dikembangkan terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks nonsastra baik pada kelas IPS maupun kelas MIA. Pada uji lapangan terbatas di kelas XI IPS SMA N 11, hasil uji-t terhadap hasil tes awal kelompok kontrol dan eksperimen tidak berbeda secara signifikan, sedangkan tes akhir menulis kelompok kontrol dan eksperimen berbeda secara signifikan (t = -4,398, P = 0,000). Selain itu, gain score kelompok eksperimen sebesar 8,9 lebih besar daripada gain score kelompok kontrol sebesar 3,83. Uji lapangan utama yang dilakukan di kelas XI MIA SMA N 9 dan SMA N 7 juga menunjukkan hasil yang serupa dengan uji lapangan terbatas, hasil uji-t terhadap hasil tes akhir menulis kelompok kontrol dan eksperimen berbeda secara signifikan (t = -6,756, P = 0,000). Selain itu, gain score kelompok eksperimen sebesar 10,07 lebih besar daripada kelompok kontrol sebesar 5,15. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku teks pembelajaran menulis teks nonsastra berbasis pendekatan proses untuk siswa kelas XI SMA efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks nonsastra. Kata kunci: buku teks, menulis, pendekatan proses.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:07
Last Modified: 09 May 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55594

Actions (login required)

View Item View Item