Pengembangan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia yang Berintegrasi dengan Nilai-Nilai Islam untuk Siswa SMP IT Kelas VII

Latifah, Maidatul (2017) Pengembangan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia yang Berintegrasi dengan Nilai-Nilai Islam untuk Siswa SMP IT Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maidatul-latifah-15715251041.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembuatan buku pelajaran bahasa Indonesia yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam, (2) buku pelajaran bahasa Indonesia tersebut, (3) kualitas kelayakan buku pelajaran bahasa Indonesia tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang meliputi: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan pengembangan, (3) pengembangan produk, (4) evaluasi produk, dan (5) produk akhir. Subjek penelitian terdiri atas ahli materi, ahli nilai-nilai Islam, ahli bahasa, ahli penyajian, guru bahasa Indonesia dan 67 siswa SMP IT. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi untuk ahli materi, ahli nilai-nilai Islam, ahli bahasa, dan ahli penyajian; lembar pengkajian produk untuk guru bahasa Indonesia SMP IT; dan lembar respon siswa untuk peserta didik SMP IT kelas VII. Instrumen kelayakan menggunakan rating scale dengan skor berskala 1-4. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembuatan buku pelajaran bahasa Indonesia melalui lima tahap, yaitu (1) analisis kebutuhan dengan cara obsevasi, wawancara, dan studi literatur; (2) perencanaan pengembangan, yang meliputi: mengidentifikasi standar isi, menganalisis dan menetapkan kompetensi dasar, menentukan serta mengembangkan materi dan soal atau latihan, dan merancang tampilan buku; (3) pengembangan produk, yang meliputi: mengumpulkan bahan dan memproduksi buku pelajaran; (4) evaluasi produk dengan cara validasi oleh ahli materi, nilai-nilai Islam, bahasa, dan penyajian, uji coba pengguna kepada tiga guru bahasa Indonesia dari tiga sekolah yang berbeda dan 67 orang siswa dari SMP IT Al-Furqon Kebumen serta SMP IT Salman Al-Farisi Yogyakarta, dan melakukan revisi; dan (5) menghasilkan buku pelajaran bahasa Indonesia yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam. Buku pelajaran yang dihasilkan berintegrasi dengan nilai-nilai Islam (akidah, akhlak, dan ibadah), menggunakan kurikulum 2013, terdiri atas enam belas kompetensi dasar yang terbagi ke dalam empat bab dengan materi pokok teks deskripsi, teks narasi, teks prosedur, dan teks laporan hasil observasi. Menurut para ahli buku tersebut sangat layak (ahli materi: skor 45>39, ahli nilai-nilai Islam: 48>42,25, ahli bahasa: 45>42,25, dan ahli penyajian 157>149,5). Menurut guru bahasa Indonesia buku tersebut sangat layak (aspek materi: skor 40,2>39, aspek nilai-nilai Islam: 47,9>42,25, aspek bahasa: 43>42,25, dan aspek penyajian 170,8>149,5). Berdasarkan respon siswa buku tersebut sangat layak (aspek materi: 6,6>6,5, aspek nilai-nilai Islam: 11>9,75, aspek bahasa: 6,6>6,5, dan aspek penyajian 39,9>39). Kata Kunci: buku pelajaran, bahasa Indonesia, integrasi, nilai-nilai Islam

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Feb 2018 06:30
Last Modified: 09 May 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55587

Actions (login required)

View Item View Item