Pengembangan Buku Pelajaran Tata Bahasa Indonesia Berdasarkan Teknik Praktik Untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas.

Mardianingsih, Elly (2017) Pengembangan Buku Pelajaran Tata Bahasa Indonesia Berdasarkan Teknik Praktik Untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN BUKU PELAJARAN TATA BAHASA INDONESIA.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pelajaran tata bahasa Indonesia berdasarkan teknik praktik untuk siswa kelas X SMA dan mengetahui kelayakan buku pelajaran tata bahasa Indonesia berdasarkan teknik praktik untuk siswa kelas X SMA dilihat dari aspek materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall meliputi 1) research and information collecting, 2) planning, 3) develop preliminary form a product, 4) preliminary field testing, 5) main product revision, dan 6) final product revision. Subjek penelitian ini terdiri atas ahli mater dan penyajian, ahli kebahasaan, ahlli kegrafikan, guru bahasa Indonesia, dan 24 siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Sintang. instrument pengumpulan data terdiri atas lembar validasi untuk ahli materi dan penyajian, ahli kebahasaan, dan ahli kegrafikan; lembar pengkajian produk untuk guru bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Sintang, SMA Negeri 1 Tempunak Sintang, dan SMA Negeri 1 Belitang Hilir Sintang; dan lembar respon siswa untuk siswa SMA Negeri 1 Sintang kelas X IPA. Instrument kelayakan menggunakan rating scale dengan skor 1—5. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku pelajaran tata bahasa Indonesia berdasarkan teknik praktik yang dikembangkan telah layak digunakan. buku pelajaran tata bahasa Indonesia berdasarkan teknik praktik untuk siswa kelas X SMA terdiri atas lima materi pokok, yaitu afiksasi, frasa, kalimat tunggal, kalimat majemuk, serta kalimat berita, perintah dan tanya. Menurut para ahli, buku tersebut sangat layak dengan skor aspek materi/isi 88 dan persentase 83,81%, aspek penyajian 69 dan persentase 86,25%, aspek kebahasaan 101 dan persentase 96,16%, dan aspek kegrafikan 212 dan persentase 78,52%. Menurut guru bahasa Indonesia, buku tersebut sangat layak dengan rata-rata skor aspek materi/isi rata-rata 93 dan persentase 88,57%, aspek penyajian 69,67dan persentase 87,08%, aspek kebahasaan 88 dan persentase 83,81%, dan aspek kegrafikan 293 dan persentase 88,52%. Berdasarkan uji coba siswa, buku tersebut layak dengan rata-rata skor 59,71 dengan persentase skor 79,61%. Kata Kunci: Buku Pelajaran, Tata Bahasa Indonesia, Teknik Praktik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:35
Last Modified: 09 May 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55562

Actions (login required)

View Item View Item