Kusyani, Diah (2017) Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Membaca Sastra Lama berdasarkan Teori Resepsi bagi Siswa SMP. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
Tesis Fulltext - Diah Kusyani.swf Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif untuk pembelajaran membaca sastra lama berdasarkan teori resepsi yang layak sebagai media belajar bagi siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Penelitian ini telah dimodifikasi menjadi enam langkah penelitian yaitu, tahap pendahuluan, perencanaan produk, pengembangan produk, uji validasi ahli, revisi produk, dan uji coba produk. Subjek uji coba satu- satu adalah tiga peserta didik kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta. Subjek uji coba kelompok kecil adalah enam peserta didik kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta. Subjek uji coba kelompok besar terdiri dari 25 peserta didik kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket penilaian multimedia interaktif untuk ahli materi, ahli media, respon guru, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar.. Analisis data menggunakan skala Likert dengan rentang 1 sampai dengan 5. Multimedia interaktif pembelajaran membaca sastra lama berdasarkan teori resepsi bagi siswa SMP ini masuk kategori baik menurut pendapat ahli materi, dan kategori sangat baik berdasarkan ahli media, respon guru, hasil uji coba satu- satu, uji coba kelompok kecil, serta uji coba kelompok besar. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Multimedia interaktif pembelajaran membaca sastra lama berdasarkan teori resepsi bagi siswa SMP layak digunakan sebagai media belajar. Kata kunci: multimedia interaktif, pembelajaran membaca, sastra lama, teori resepsi
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 03:03 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |