Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Science Activities untuk Peserta Didik Usia 5-6 Tahun

Sholeha, Vera (2017) Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Science Activities untuk Peserta Didik Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
merged.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh informasi mengenai hal-hal yang dibutuhkan dalam pengembangan buku panduan pembelajaran science activities untuk peserta didik usia 5-6 tahun, (2) menghasilkan produk berupa buku panduan pembelajaran science activities untuk peserta didik usia 5-6 tahun, dan (3) memperoleh informasi mengenai keefektifan buku panduan pembelajaran science activities yang dikembangkan dalam pembelajaran sains untuk peserta didik usia 5-6 tahun. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) studi pendahuluan, (b) pengembangan, dan (c) validasi produk. Subjek uji coba terbatas adalah 3 guru TK Aisyah Khadijah Bangunjiwo Timur dan 2 guru TK ABA Godegan. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 2 guru TK ABA Sambi Kerep, 2 guru TK ABA Karangjati Indah I, 2 guru TK ABA An-Nur, 2 guru TK ABA Ambarbinangun, dan 2 guru TK ABA Surya Melati. Subjek uji efektivitas pada kelas eksperimen sebanyak 22 peserta didik kelas B1 TK ABA Kembaran dan pada kelas kontrol sebanyak 23 peserta didik kelas B2 TK ABA Kembaran. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon guru, lembar observasi dan tes lisan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan pembelajaran science activities ditinjau dari komponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan berkategori “Sangat Baik”. Terdapat perbedaan hasil akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah guru menggunakan buku panduan pembelajaran science activities dalam pembelajaran sains dengan p < 0,05 kemudian terjadi pula peningkatan yang signifikan dengan p = 0,000. Kata Kunci: buku panduan pembelajaran, pembelajaran anak usia dini, science activity.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:06
Last Modified: 09 May 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55544

Actions (login required)

View Item View Item