Implementasi Metode Pembelajaran Pretend Play untuk Menstimulasi Kemandirian Bantu Diri Anak TK Kelompok A

Subekti, Ratna Marlina (2017) Implementasi Metode Pembelajaran Pretend Play untuk Menstimulasi Kemandirian Bantu Diri Anak TK Kelompok A. S2 thesis, UNY.

[img] Text
merged.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan implementasi metode pretend play untuk menstimulasi keterampilan dan kemandirian bantu diri anak TK kelompok A. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain pretest-posttest one group desaign. Sampel penelitian adalah anak TK kelompok A di TK Purbasari Kalasan sejumlah 15 anak dan di TK Tunas Muda Kalasan sejumlah 34 anak, yang terbagi ke dalam 2 kelas, yaitu 17 kelompok A1 dan 17 kelompok A2. Pengumpulan data menggunakan teknik tes unjuk kerja dan angket penilaian kemandirian, dan hasilnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Uji hipotesis menggunakan N-gain skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang tinggi keterampilan bantu diri anak di ketiga kelas pada kedua TK setelah diimplementasikannya metode pembelajaran peretend play, dengan nilai N-gain Anak TK Purbasari sebesar 0,88; N-gain Anak TK Tunas Muda kelompok A1 sebesar 0,81 dan kelompok A2 sebesar 0,77. Kemandirian bantu diri anak di ketiga kelas juga meningkat tinggi, dengan nilai N-gain sebesar 0,72; 0,85; dan 0,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pretend play efektif digunakan untuk menstimulasi keterampilan dan kemandirian bantu diri anak TK kelompok A. Kata kunci: metode pretend play, kemandirian, anak taman kanak-kanak.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Feb 2018 05:34
Last Modified: 09 May 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55533

Actions (login required)

View Item View Item