UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN RUMUS GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI SEKOLAH DASAR

P. Sarjiman, dkk (1996) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN RUMUS GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI SEKOLAH DASAR. [Experiment/Research]

[img] Text
UPAYA_PENINGKATAN_PEMAHAMAN_RUMUS_GEOMETRI.doc

Download (29kB)

Abstract

Penelitian tindakan ini dilaksanakan agar:<l) siswa senang dan termotivasi untuk memahami rumus geometri; <2> siswa lebih mudah dalam memahami rumus geometri; (3) prest.asi belajar siswe. tetang pemahaman dan penerapan rumus geometri khususnya luas daerah bangun datar segiem- P8 t. dan seg itiga men ingka t ; (4) pembe 10.,a;ra.n pemahaman J:'umusgeometri lebih efektif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD negeri Terbantaman II Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini ber langsung sampai. 'tiga.siklus. yang masing-masing siklus mencak.up kegiatan perencanaan. pelaksanaan. monitoring/observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan instrumen vang berupa tes hasil belajar. pedoman observasi dan ped0man wawancara. Data k1.lantita'tifdianalisis dengan statistik deskriptif. vaitu dengan mencari mean dan uji beda. sedangkan data kualitatif dianalisis dengan deskriptif interpretatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kerja sama secara kolaboratif antara guru SD dan peneliti khususnya dalam pembelajaran rumus luas daerah bangun datar segiempat dan segitiga dengan pendekatan realistik dapat meningkatkan rasa senang dan motivasi siswa dalam mempelajari. memahami dan menerapkan rumus geometri. Siswa lebih mudah dalam memahami dan menerapkan rumus geometri khususnya luas daerah bangun datar segiempat dan segitiga dan pada gilirannya dapat meningkatkan prestasi siswa. Dengan kata lin. pemhela,iaran rumus geometri dengan pendekatan realistik dapat meningkatkan efektivitas pembelajara~.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 12 Sep 2012 16:11
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5553

Actions (login required)

View Item View Item