LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Aziz Prasetyo, Aziz Prasetyo (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu Aziz Prasetyo.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan universitas yang mengutamakan kemajuan dalam sektor pendidikan. Di mana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjadi tenaga pendidik yang professional. Demi terwujudnya generasi pendidik yang profesional UNY memberikan bekal berupa pengetahuan dan keterampilan dalam dunia kependidikan salah satunya dengan dilaksanakannya serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. PLT Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2017 yang berlokasi di SMA N 1 Depok telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Jumlah anggota kelompok dilokasi ini terdiri dari 23 mahasiswa dari Program Pendidikan Geografi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Perancis dan Pendidikan Sosiologi. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Program utama individu adalah program yang penulis rencanakan dan laksanakan secara individu untuk peningkatan sumber daya warga sekolah. Program utama individu adalah membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Sedangkan program penunjang adalah membuat media pembelajaran. Secara umum program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hasil yang diperoleh melalui kegiatan PLT adalah tingkat ketertarikan siswa SMAN 1 Depok kelas X MIPA/IPS terhadap mata pelajaran sejarah tergolong cukup tinggi. Selain itu penggunaan model pembelajaran diskusi, cooperative learning, Mind Mapping dan penggunaan media audio visual ternyata meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diberikan serta memudahkan mahasiswa dalam menyampaikan materi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, pembelajaran, media
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Feb 2018 01:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55517

Actions (login required)

View Item View Item