LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Findhi Annisa Fitri, Findhi Annisa Fitri (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN-PLT-FINDHIANNISAF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMA Negeri 1 Depok mulai tanggal 15 September s/d 15 November 2017 ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Pada Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang akan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Depok praktikan akan melakukan program kerja Bimbingan dan Konseling. Dalam Praktik Bimbingan dan Konseling, praktikan melaksanakan beberapa program kerja yaitu layanan dasar berupa bimbingan klasikal yang meliputi empat bidang bimbingan yaitu pribadi, sosial, belajar dan karir. Bimbingan klasikal diberikan dengan enam tema yang berbeda untuk kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3. Layanan informasi berupa informasi tentang studi lanjut. Bimbingan kelompok diberikan di kelas X IPA 1 dengan tema manajemen waktu dan XII IPS 2 dengan tema bahaya narkoba. Layanan responsif berupa konseling individual dilaksanakan sebanyak enam kali dengan 3 konseli, konseling kelompok sebanyak empat kali dengan 2 kelompok. Namun, ada beberapa perencanaan program kerja BK yang tidak dapat terlaksana seperti referral, kolaborasi dengan guru mata pelajaran/wali kelas, kolaborasi dengan orang tua, kolaborasi dengan pihak terkait di luar sekolah, konferensi kasus, home visit, layanan konsultasi dan dukungan sistem yang terkendala oleh waktu. Praktikan juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengelolaan administrasi BK, pengelolaan administrasi sekolah, penelusuran tamatan serta konseling individual. Melalui kegiatan PLT ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh mahasiswa dalam hal mengajar ataupun non-mengajar. Kegiatan PLT ini dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mencapai proses pembelajaran yang optimal dalam membentuk tenaga kependidikan yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling, Praktik Lapangan Terbimbing (PLT)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Feb 2018 01:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55512

Actions (login required)

View Item View Item