LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Musfira Akyuni Salsabila, Musfira Akyuni Salsabila (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU_MUSFIRA AKYUNI S_14405241011_PEND. GEOGRAFI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan pembelajaran mahasiswa dalam upaya mengembangkan kemampuan mahasiswa itu sendiri dalam bidang pendidikan dan pengajaran melalui praktik di lapangan. Praktik Lapangan Terbimbing sendiri memiliki tujuan atau maksud yaitu untuk memberikan sarana kepada mahasiswa kependidikan untuk belajar menjadi layaknya seorang guru, mulai dari mengajar di kelas, tugas piket, menjalin komunikasi antar guru, karyawan dan peserta didik, ataupun belajar mengenai permasalahan kependidikan di lapangan atau sekolah. Kegiatan ini diharapkan mampu mempersiapkan mahasiswa kependidikan dalam menjadikan mahasiswa kependidikan untuk menjadi guru yang memiliki kualitas yang baik. Kegiatan praktik lapangan terbimbing yang dilakukan di SMA N 1 Depok mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 yang meliputi kegiatan praktik pembelajaran di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas memiliki tujuan supaya mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman mengajar. Adapun kelas praktik yang diberikan ialah kelas XI IIS 1, XI IIS 2, dan XI IIS 3 tahun pelajaran 2017/2018. Sementara tujuan kegiatan praktik persekolahan ialah untuk mengenalkan mahasiswa praktikan mengenai manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran formal yang meliputi piket guru di ruang piket, piket menjaga dan mengelola ruang UKS, dan piket merekapitulasi data peserta didik di ruang TU. Praktik non mengajar juga dimaksudkan untuk membantu mahasiswa untuk belajar bagaimana caranya menjalin dan menjaga kerjasama antar sesama warga sekolah. Hasil yang didapatkan dalam praktik mengajar selama PLT berlangsung ialah bahwa tingkat ketertarikan peserta didik SMA N 1 Depok terhadap pelajaran geografi cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil ulangan dan nilai-nilai tugas siswa yang cukup bagus dan memuaskan. Siswa terlihat sangat antusias mengikuti pelajaran geografi yang disampaikan oleh guru maupun oleh mahasiswa praktik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, pembelajaran, media.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Feb 2018 00:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55505

Actions (login required)

View Item View Item