LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Agi Silva Aransha, Agi Silva Aransha (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU_AGI SILVA ARANSHA_14413244002_PENDIDIKAN SOSIOLOGI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu program perkuliahan yang wajib ditempuh oleh Mahasiswa dan bernilai 3 sks Praktik Lapangan Terbimbing memiliki tujuan untuk mengetahui dan menambah pengalaman secara nyata tentang penerapan kompetensi-kompetensi yang diperoleh dalam bangku kuliah untuk bekal menjadi seorang tenaga pendidik. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) juga meningkatkan kompetensi dalam penyaluran ilmu sehingga mahasiswa nantinya dapat memiliki sikap, pengetahuan, kreativitas dan nilai yang dibutuhkan oleh seorang pendidik. . Program Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan di SMA Negeri 1 Depok yang beralamat di Jalan Babarsari, Caturtunggal, Depok Sleman, Yogyakarta. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 15 September – 15 November 2017. Pelaksanaan program dimulai dengan Observasi terhadap lingkungan sekolah tempat berlangsungnya program. Berdasarkan hasil observasi maka disusunlah rancangan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Kegiatan praktik pembelajaran diadakan di dalam kelas yang bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman mengajar dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama di bangku perkuliahan. Kelas yang menjadi tempat praktik mengajar adalah kelas X IPS 2 dan X IPS 3. Tidak hanya praktik mengajar yang dilakukan selama kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) berlangsung tetapi juga praktik persekolahan yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa mengenai manajemen sekolah serta melakukan kegiatan di luar pembelajaran formal. Kegiatan persekolahan tersebut meliputi piket guru di ruang piket, piket 3S, dan piket menjaga perpustakaan. Semua kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) berjalan dengan tertib dan lancar. Hasil yang diperoleh ialah meningkatnya minat siswa terutama terhadap pembelajaran Sosiologi di kelas X IPS dengan menggunakan peta pikiran dan juga menggunakan kuis online. Dengan begitu pembelajaran jauh lebih kondusif dan efektif sehingga mampu meningkatkan prestasi siswa di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pembelajaran, Sosiologi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Feb 2018 00:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55503

Actions (login required)

View Item View Item