ANALISIS PENGUKURAN EFEKTIVITAS KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KEPUASAN DAN KEPENTINGAN MAHASISWA

Naning Margasari, M.Si., MBA. (2010) ANALISIS PENGUKURAN EFEKTIVITAS KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KEPUASAN DAN KEPENTINGAN MAHASISWA. [Experiment/Research]

[img] Text
18_Naning_Margasari_dan_Musaroh_(DYP).doc

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kinerja lembaga pendidikan dalam perspektif kepuasan dan kepentingan mahasiswa. Kinerja lembaga pendidikan diukur dengan menggunakan unsur-unsur penentu kualitas jasa yang dikembangkan oleh Michael Porter. Kelima un sur penentu kualitas jasa ini adalah realibility, responsivness, confidence, empaty dan tangible. Oleh Supranto diuraikan menjadi 24 indikator. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa UNY. Pengambilan sample dilakukan secara acak dengan rata-rata 25 responden setiap fakultas. Jumlah sample yang ditargetkan adalah 150 respond en dan 6 fakultas di UNY. Kuisioner terkumpul 147 sehingga samplingnya mencapai 100%. Data yang digunakan adalah data primer hasil dan 24 indikator sebagai instrument. Data dianalisis dengan mencari rata-rata skor antara tingkat kepuasan (X) dan rata-rata skor tingkat kepentingan (Y). Diagram kartesius digunakan untuk melihat dimana letak 24 indikator kinerja lembaga pendidikan tersebut berada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indicator 2, 6, 7, 8, 9, 22, 23, 24 berada pada kuadran A dalam diagram kartesius. Kuadran A merupakan factor-faktor menjadi prioritas utama dan harus dilaksanakan sesuai harapan mahasiswa. Di kuadran B adalah indicator 1,10, 13,15, 17 dan 21. Faktor-faktor ini perlu dipertahankan pelaksanaanya karena sudah sesuai dengan harapan mahasiswa. Di kuadran C adalah indicator 3 dan 21. Kuadran C menunjukkan bahwa unsur-unsur yang memang dianggap kurang penting oleh mahasiswa di mana sebaiknya lembaga menjalankannya secara sedang saja. Sedangkan kuadran D menunjllkkan bahwa unsur-unsur jasa yang dianggap kurang penting, tetapi telah dij alankan dengan sangat baik oleh pihak lembaga/perusahaan yang sangat memuaskan. Indikator yang masuk dalam kuadran D ini adalah 4, 5, 11, 14, 16, 18, 19, 20. Dari hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa sebaiknya lembaga lebih meningkatkan dan memfokuskan pad a unsUf-unsur yang sangat penting bagi mahasiswa akan tetapi lembaga belum melaksanakan sesuai keinginan mahasiswa/pelanggan.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Manajemen
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:37
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5550

Actions (login required)

View Item View Item