Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Seni Tari Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kokap, Kulon Progo

Sripurwanti, Sripurwanti (2018) Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Seni Tari Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kokap, Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS SRIPURWANTI SSn..swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendapatkan gambaran apakah pendekatan saintifik dapat diimplementasikan pada pembelajaran seni tari untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kokap, dan (2) mendapatkan gambaran apakah pendekatan saintifik yang diterapkan dapat digunakan untuk menumbuhkan aspek kognitif dan aspek psikomotorik pada diri siswa, serta (3) Upaya yang dilakukan supaya pendekatan saintifik dapat diimplementasikan secara maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif - kualitatif. Tahapan dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi lima tahap, yang meliputi: (a) perencanaan, (b) memulai pengumpulan data, (c) pengumpulan data dasar, (d) pengumpulan data penutup, (e) melengkapi. Subjek uji coba adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kokap, KulonProgo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga proses, yaitu reduksi data, proses penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Pendekatan Saintifik pada pembelajaran Seni Tari siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Kokap dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah: mengamati, menanya, mencoba, menganalisis dan mengomunikasikan. Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Seni Tari dapat terlihat pada aspek kognitif dengan meningkatnya nilai pengetahuan siswa dan pada aspek psikomotorik dengan meningkatnya keberanian dan terampilnya siswa dalam memperagakan gerak tari, hasil penilaian tengah semester maupun pada nilai akhir siswa, serta dari hasil wawancara siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran seni tari dengan pendekatan saintifik membuat mereka menjadi lebih terampil dalam memperagakan gerak. Upaya yang dilakukan supaya pendekatan saintifik dapat diimplementasikan secara maksimal adalah dengan (1) Introspeksi, (2) Sharing, (3) aktif dalam MGMP dan (4) mengikuti pelatihan dan pendampingan. Kata kunci: Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Seni Tari.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:46
Last Modified: 09 May 2019 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55481

Actions (login required)

View Item View Item