Komparasi Keefektifan Pendekatan (CTL) Contextual Teaching and Learning Dan Scientific Dalam Pembelajaran Peluang Ditinjau Dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Unggulan Aisyiyah Bantul

Sulistiyo, Deki (2017) Komparasi Keefektifan Pendekatan (CTL) Contextual Teaching and Learning Dan Scientific Dalam Pembelajaran Peluang Ditinjau Dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Full PDF.swf

Download (135MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan CTL dan Scientific, dan mendeskripsikan perbandingan keefektifan pendekatan CTL dan Scientific dalam pembelajaran peluang ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP ungulan Aisyiyah Bantul tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 66 siswa yang terdiri atas 3 kelas. Sesuai dengan desain penelitian, dari 3 kelas dipilih secara acak (diundi) 2 kelas untuk menjadi sampel penelitian. Selanjutnya, dua kelas yang terpilih diundi lagi secara acak untuk diberikan perlakuan berturut-turut pembelajaran dengan pendekatan scientific dan CTL. Kelas IXA diberi perlakuan dengan pendekatan scientific dan kelas IXC diberi perlakuan dengan pendekatan CTL. Instrumen yang digunakan berupa tes prestasi belajar matematika dan angket motivasi belajar matematika siswa. Untuk menguji keefektifan pendekatan scientific dan CTL, data dianalisis dengan menggunakan uji one sample t-test. Selanjutnya, untuk mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific dan CTL, data dianalisis dengan menggunakan MANOVA yang kemudian dilanjutkan dengan uji t independent t test untuk menentukan pendekatan yang lebih efektif. Hasil penelitian dengan α 5% menunjukkan bahwa pendekatan scientific dan CTL efektif, dan pendekatan CTL lebih efektif daripada pendekatan scientific dalam pembelajaran peluang ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Pendekatan Contextual Teaching and

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2018 04:04
Last Modified: 09 May 2019 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55424

Actions (login required)

View Item View Item