Keefektifan Penerapan model pembelajaran APOS pada materi pokok Aljabar ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan diri siswa SMP

Rachmawati, Anna (2018) Keefektifan Penerapan model pembelajaran APOS pada materi pokok Aljabar ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan diri siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS LENGKAP ANNA.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan model pembelajaran APOS pada materi pokok Aljabar efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa SMP. Model Pembelajaran APOS adalah pembelajaran dengan menekankan pada Action, Proces, Object dan Schema. Penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperiment dengan desain penelitian menggunakan Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP yang terdiri atas 5 kelas dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII B yang diberi perlakuan model pembelajaran APOS. Pelaksanaan pembelajarannya dengan menggunakan siklus ACE (Activities, class discussion, exercises). Penerapan model Pembelajaran APOS pada materi pokok Aljabar dikatakan efektif ditinjau dari Prestasi belajar jika (1) nilai posttest lebih baik dari nilai pretest, (2) persentase nilai siswa yang mencapai nilai minimal 70, lebih dari 75%. Penerapan model Pembelajaran APOS pada materi pokok Aljabar dikatakan efektif ditinjau dari kepercayaan diri jika 1) rata-rata skor angket kepercayaan diri posttest lebih dari pretest. 2) lebih dari 75% siswa yang mengalami peningkatan level /tingkat kepercayaan diri siswa. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa : 1) penerapan model pembelajaran APOS pada materi pokok Aljabar efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa. 2) Penerapan model pembelajaran APOS pada materi pokok Aljabar belum efektif ditinjau dari kepercayaan diri setelah diberikan perlakuan dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuan Kata Kunci: model pembelajara APOS, prestasi belajar, kepercayaan diri

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2018 02:00
Last Modified: 09 May 2019 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55412

Actions (login required)

View Item View Item