Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis dan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MIPA Pada Materi Ekologi

Yamalinda, Dwi (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis dan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MIPA Pada Materi Ekologi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_DWI YARMALINDA_15725251042.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada pokok bahasan ekologi, dan (2) pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pokok bahasan ekologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan non equivalent control-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Prambanan. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang di ambil secara acak dari kelas X MIPA SMA Negeri 1 Prambanan, dengan rincian X MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen menerapkan model problem based learning, dan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol menggunakan pendekatan 5M. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berpikir analitis dan berpikir kritis peserta didik berupa soal uraian. Data yang di peroleh dianalisis menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik dengan nilai signifikansi (.000) (≤ 0,05), dan (2) model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai signifikansi (.001) (≤ 0,05). Kata Kunci : problem based learning, berpikir analitis, berpikir kritis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2018 01:13
Last Modified: 09 May 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55408

Actions (login required)

View Item View Item