Pengembangan Materi Berbicara Bahasa Inggris Berbasiskan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X

Rahmawati, Nur (2017) Pengembangan Materi Berbicara Bahasa Inggris Berbasiskan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
THESIS FULL.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) kebutuhan target siswa kelas X, (2) kebutuhan belajar siswa kelas X, (3) kelayakan materi berbicara bahasa Inggris berbasiskan masalah terhadap kebutuhan siswa dan kurikulum yang digunakan, (4) unsur – unsur dalam materi berbicara bahasa Inggris berbasiskan masalah yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X. Tipe penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan milik Jolly and Bolitho dalam Tomlinson (1998:113). Langkah – langkahnya meliputi identifikasi kebutuhan, produksi materi, evaluasi materi, dan penggunaan materi oleh siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Pundong pada tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dokumen yang terkait, mengamati kemampuan berbicara, menganalisis buku yang digunakan, melakukan test untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, melakukan wawancara dengan guru, dan menyebar angket untuk menemukan kebutuhan siswa, dan memberikan angket penilaian bagi ahli. Data dari angket dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data yang lain dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan target siswa mencakup semua materi yang dipelajari di semester II. Penguasaan siswa terhadap kosakata, pengucapan, dan kelancaran masih kurang. Kemampuan berpikir kritis mereka juga masih lemah. Jenis masalah yang dipilih siswa adalah terkait dengan soal cerita, desain, dan penentuan keputusan yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari. Tujuan siswa belajar bahasa Inggris adalah meningkatkan kelancaran, tata bahasa, dan penguasaan kosa kata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan target siswa mencakup semua materi yang dipelajari di semester II. Penguasaan siswa terhadap kosakata, pengucapan, dan kelancaran masih kurang. Kemampuan berpikir kritis mereka juga masih lemah. Jenis masalah yang dipilih siswa adalah terkait dengan soal cerita, desain, dan penentuan keputusan yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari. Tujuan siswa belajar bahasa Inggris adalah meningkatkan kelancaran, tata bahasa, dan penguasaan kosa kata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan target siswa mencakup semua materi yang dipelajari di semester II. Penguasaan siswa terhadap kosakata, pengucapan, dan kelancaran masih kurang. Kemampuan berpikir kritis mereka juga masih lemah. Jenis masalah yang dipilih siswa adalah terkait dengan soal cerita, desain, dan penentuan keputusan yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari. Tujuan siswa belajar bahasa Inggris adalah meningkatkan kelancaran, tata bahasa, dan penguasaan kosa kata.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:05
Last Modified: 09 May 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55404

Actions (login required)

View Item View Item