Investigasi Pembelajaran Bahasa Antarbudaya dalam Sister School Partnership: Studi Kasus di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Thesis

Iryanti, Heni Dwi (2017) Investigasi Pembelajaran Bahasa Antarbudaya dalam Sister School Partnership: Studi Kasus di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Thesis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-heni-dwi-ariyanti-15716251059.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap bagaimana pembelajaran bahasa antarbudaya terjadi dalam Sister School Partnership di SMA Negeri 3 Yogyakarta dan (2) mendeskripsikan perilaku siswa yang menjadi indikasi pembelajaran bahasa antarbudaya. Dengan menggunakan pendekatan etnografi melalui observasi dan dialog, penelitian ini menginvestigasi pembelajaran bahasa antarbudaya dalam kompleksitas dan keunikan sister school partnership antara SMA Negeri 3 Yogyakarta dan sekolah partner Australia dalam seting yang natural. Investigasi ini melibatkan satu kelompok siswa Indonesia yang secara random dipilih sebagai partisipan utama bersama guru Bahasa Inggris serta guru lainnya sebagai informan. Investigasi ini juga melibatkan satu kelompok siswa Australia beserta guru-gurunya sebagai partner dalam interaksi antarbudaya. Studi ini menggunakan data kualitatif dengan fokus pada interaksi nyata yang dikumpulkan selama enam bulan melalui observasi, interview mendalam, analisis dokumen dan Focus Group Discussion (FGD). Peneliti berperan sebagai instrumen utama dalam pengambilan data yang didukung dengan penggunaan perekam video dan audio, kamera digital, lembar observasi serta pedoman FGD. Data dianalisis secara kualitatif untuk memperoleh deskripsi yang detil dan beragam terkait kasus yang diteliti. Empat kriteria untuk mengevaluasi studi kualitatif meliputi credibility, dependability, transferability, dan catalytic authenticity digunakan untuk menjaga validitas dan reliabilitas penelitian ini. Terkait trustworthiness, triangulasi juga diterapkan untuk memperjelas makna dan verifikasi pengulangan yang terjadi dalam observasi dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa antarbudaya terjadi di dalam sister school partnership melalui pengalaman pembelajaran yang melibatkan siswa dalam interaksi, observasi dan refleksi dengan komunitas bahasa dan budaya target. Sejumlah indikator pembelajaran bahasa antarbudaya terungkap pada perilaku siswa dalam empat area meliputi eksplorasi bahasa dan budaya dalam situasi otentik, mengenali perilaku verbal dan non-verbal dalam interaksi bahasa dan budaya, membuat koneksi antara bahasa dan budaya aslinya dengan bahasa dan budaya target, serta merefleksikan pengembangan posisi ‘ketiga’ diantara kedua budaya tersebut. Empat area ini merupakan pengalaman bahasa otentik yang muncul dalam program-program partnership seperti school visit, cultural excursion dan homestay yang berkontribusi dalam pengembangan interkultural yang mengarah pada pandangan yang lebih ethnorelative. Pengembangan interkultural ini merupakan proses tiada henti sehingga memerlukan pembelajaran bahasa antarbudaya yang berkelanjutan melalui pengalaman baru dan refleksi kritis. Kata kunci: pembelajaran bahasa antarbudaya, sister school partnership, interaksi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Feb 2018 07:25
Last Modified: 09 May 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55396

Actions (login required)

View Item View Item