LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SMPN 3 WONOSARI

Rachmawati Suci Astuti, Rachmawati Suci Astuti (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SMPN 3 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PLT Rachma.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapanga Terbimbing (PLT) merupakan suatu program yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ,yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PLT ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Selain itu, program PLT ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Masyarakat sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PLT. Program PLT di SMP Negeri 3 Wonosari dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Adapun pelaksanaan program PLT tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, RPP, praktik mengajar, pelaksanaan piket guru, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas dimasa mendatang. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Musik awalnya diberi kesempatan untuk mengajar dikelas VIII A, B, C, D, E, F dengan alokasi waktu 2 x 40 menit setiap pertemuan. Jadwal mengajar dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa, dan Kamis. Pada tiap kelas terdapat siswa sejumlah 32 orang, belum ada masalah yang ditemui ketika melaksanakan PLT. Namun ada sedikit hambatan pada pengelolaan kelas, dikarenakan terdapat siswa yang terlalu aktif saat dilangsungkannya pemberian materi yang membutuhkan strategi khusus dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) antara lain mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengeolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiwa PLT dengan para siswa, sehingga terjalin kerja sama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT,pembelajaran,siswa.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2018 06:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55392

Actions (login required)

View Item View Item