LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Prasetyo Raul Dias, Prasetyo Raul Dias (2017) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16503247011_PRASETYO RAUL DIAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengasah kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Pelaksanaan PLT diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta dapat mempraktikkan seluruh teori-teori yang diperolehnya selama kuliah ke dalam kondisi yang nyata, yaitu di sekolah-sekolah tempat pelaksanaan PLT, sebelum para mahasiswa dinyatakan lulus dan benar-benar terjun ke dunia kependidikan yang sesungguhnya. Kegiatan PLT dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang dimulai dari tanggal 16 September 2017 sampai 15 November 2017. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama PLT selain kegiatan pokok turut serta dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan-kegiatan yang melingkupi kegiatan penunjang keprofesian guru seperti turut serta dalam setiap agenda-agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh guru maupun para siswa. Hasil observasi yang dilakukan sebelum pelaksanaan PLT diperoleh beberapa data terkait analisis situasi dan kondisi sekolah yang secara garis besar mengungkapkan bahwa SMK Negeri 3 Yogyakarta dari segi kondisi fisik memiliki berbagai sarana dan prasarana yang diantaranya berupa akses wifi, LCD, Soundsystem, kipas angin, dan lain sebagainya yang telah terpasang diseluruh ruangan kelas dan laboratorium. Sedangkan ditinjau dari segi non fisik berupa input siswa dan guru SMK Negeri 3 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah favorit yang telah mengeluarkan SDM yang berkualitas dan sangat memungkinkan sekali menunjang dalam segala bentuk proses pembelajaran. Selain itu, kegiatan non akademik berupa kegiatan intra dan ekstrakurikuler sekolah sangat didukung dan difasilitasi sepenuhnya oleh pihak sekolah, berupa ruangan dan alat-alat penunjang sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan daya kreatifitas siswa-siswa dalam mengembangkan potensi, minat dan bakat mereka. Selama proses kegiatan PLT, penulis didampingi oleh Bapak Drs. Heru Widada selaku guru mata pelajaran Gambar Teknik dan sekaligus sebagai guru pendamping. Penulis mendapatkan pembagian tugas mengajar kelas X TP. Berdasarkan hal tersebut, secara keseluruhan maka penulis telah memperoleh pengalaman mengajar sejumlah 8 kali tatap muka dengan total alokasi waktu sejumlah 337 jam selama PLT di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Adapun keseluruhan jumlah jam yang telah terlaksana sesuai dengan matriks program kerja individu PLT tahun 2017 sejumlah 326 jam yang meliputi dari proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Teknik Mesin, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2018 06:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55388

Actions (login required)

View Item View Item