LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Lutfi Maulana As’ad, Lutfi Maulana As’ad (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16504247006_ Lutfi Maulana As'ad_Laporan PLT 2017.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) tujuan yang paling utama adalah melakukan proses mengajar agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dengan baik pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Pada kegiatan evaluasi pembelajaran bertujuan untuk menentukan dan mengetahui hasil yang dicapai peserta didik dalam mencapai program tertentu dalam mewujudkan ketercapaian nilai KKM peserta didik pada proses pembelajaran. Kegiatan PLT juga berkaitan dengan kegiatan persekolahan yang bertujuan untuk mengetahui kegiatan sekolah yang masuk dalam program sekolah, serta untuk tahap pembelajaran untuk mahasiswa mengelola kegiatan diluar kelas. Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di lokasi SMK Muhammadiyah 4 Klaten yang terletak di Jln. Jombor Indah KM. 1, Buntalan, Klaten Tengah, Klaten dan berlangsung selama kurang lebih 2,5 bulan, sejak tanggal 02 Okt 2017 sampai dengan 19 Des 2017. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) meliputi kegiatan praktik mengajar dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar dimulai sejak tanggal 4 Oktober 2017 dan dilakukan di kelas dengan jumlah mengajar selama minimal 8 kali pertemuan dan yang terlaksana hanya 6 kali tatap muka. Adapun hasil kegiatan PLT meliputi 1) Mempelajari silabus dan menyusun administrasi mengajar terdiri dari RPP, materi ajar, media pembelajaran, dan penilaian; 2) Kegiatan praktik mengajar mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif di kelas X OA, X OB, dan X OC masing-masing sebanyak 6 kali tatap muka. hasil ratarata evaluasi harian sebagai pencapaian siswa dalam evaluai yaitu untuk kelas X OA 74,5, kelas X OB 74,02, dan kelas X OC 70,76. Dengan demikian hasil evaluasi dinyataka lulus karena ketiga kelas tidak ada yang mendapat nilai dibawah KKM yaitu 70; 3) Kegiatan persekolahan yang terdiri dari : piket harian sekolah dan salam sapa, piket absensi sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, pedampingan ekstrakurikuler, membuat daftar inventaris bengkel, upacara bendera, pengawas UAS dan class meeting.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Feb 2018 06:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55355

Actions (login required)

View Item View Item