Pengembangan Keterampilan Abad Ke-21 di Kelas Drama Bahasa Inggris: Studi Kasus pada Program Khusus Kelas Internasional

Karyawati, Alif and Ashadi, Ashadi (2017) Pengembangan Keterampilan Abad Ke-21 di Kelas Drama Bahasa Inggris: Studi Kasus pada Program Khusus Kelas Internasional. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alif karyawati-15716251051

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan bagaimana dosen mengembangkan ketrampilan 4C mahasiswa menggunakan PBL di kelas drama bahasa Inggris, (2) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan PBL dalam mengembangkan ketrampilan 4C mahasiswa, (3) mendeskripsikan pendapat mahasiswa setelah mengikuti serangkaian kegiatan di kelas drama bahasa Inggris terkait penguasaan bahasa Inggris bagi mahasiswa di Program Khusus Kelas Internasional (PKKI). Penelitian ini menjelaskan tetang implementasi keterampilan 4C yaitu critical thinking, communication, collaboration, dan creativity. Penggunaan Project Based Learning di dalam kelas drama bahasa Inggris memberikan kontribusi untuk menghasilkan kegiatan yang mengandung unsur keterampilan 4C dan bahasa Inggris. Selain itu, institusi yang bersangkutan juga harus menyediakan program pendukung untuk meningkatkan keterampilan 4C dan bahasa Inggris bagi mahasiswa. Semua ini dipersiapkan untuk menghadapi tantangan-tantangan di abad ke 21 khususnya yaitu menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengajar kelas drama bahasa Inggris, 20 mahasiswa PKKI, Direktur Program Khusus Kelas Internasional, dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu universitas di Salatiga, Jawa tengah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi data condensation, data display, dan conclusion drawing atau verification. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukan bahawa pengajar mendorong mahasiswa untuk mendominasi kelas khususnya pada keterampilan berbicara selama proses pembelajaran di dalam kelas. Dengan menggunakan Project Based Learning, pengajar dapat menyediakan kegiatan pembelajaran yang mengandung unsur keterampilan 4C dan keterampilan bahasa Inggris bagi mahasiswa. Selain itu, adanya kebijakan dan program pendukung dari institusi dapat menigkatkan keterampilan 4C dan penguasaan bahasa Inggris untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi era globalisasi. Oleh karena itu, mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan 4C dan bahasa Inggris tidak hanya di dalam kelas namun juga di luar kelas dengan didukung oleh program dari Institusi. Kata Kunci: Keterampilan 4C, Project Based Learning, Pengajaran Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Feb 2018 05:37
Last Modified: 09 May 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55346

Actions (login required)

View Item View Item