Keefektifan Penggunaan Video dan Gambar dalam Pengajaran Menulis Teks Hortatory Eksposisi bagi Siswa Kelas 11 Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo

Kholis, Adnan (2017) Keefektifan Penggunaan Video dan Gambar dalam Pengajaran Menulis Teks Hortatory Eksposisi bagi Siswa Kelas 11 Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-adhan kholis-15716251009.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) perbedaan prestasi siswa dalam menulis teks hortatory eksposisi diantara siswa yang diajar dengan menggunakan video, gambar, dan pengajaran konvensional, (2) apakah penggunaan video dengan pendekatan berbasis teks lebih efektif daripada pengajaran konvensional, (3) apakah penggunaan gambar dengan pendekatan berbasis teks lebih efektif daripada pengajaran konvensional, dan (4) apakah penggunaan video dengan pendekatan berbasis teks lebih efektif daripada penggunaan gambar dengan pendekatan berbasis teks. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental research dengan menggunakan pretest dan posttest. Populasi yang diambil adalah kelas 11 MA Darul Huda Ponorogo. Sampel yang digunakan adalah kelas IPA yang terdiri dari tiga kelas dengan teknik cluster random sampling. Jumlah semua siswa adalah 72 dimana setiap kelas berjumlah 24 siswa. Peneliti membagi dua kelompok dimana dua kelas dijadikan sebagai kelas experimen yang diajar dengan menggunakan video dan gambar, sedangkan satu kelas dijadikan kelas kontrol yang diajar dengan pengajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis. Peneliti menggunakan rubrik yang berisi lima aspek menulis untuk menilai hasil tulisan siswa. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi (content validity), sedangkan reliabilitas yang digunakan adalah inter-rater. Peneliti menggunakan analisis kovariat (ANCOVA) dengan taraf signifikansi sebesar 5% atau 0,05 yang dihitung dengan menggunakan program SPSS versi 22 dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi siswa dalam menulis teks hortatory eksposisi diantara siswa yang diajar dengan menggunakan video, gambar, dan pengajaran konvensional dimana nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak sedangkan H1 diterima, (2) penggunaan video dengan pendekatan berbasis teks lebih efektif daripada pengajaran konvensional dimana nilai rata-rata 81,4167 > 67,2083, (3) penggunaan gambar dengan pendekatan berbasis teks lebih efektif daripada pengajaran konvensional dimana nilai rata-rata 74,3750 > 67,2083, dan (4) penggunaan video dengan pendekatan berbasis teks lebih efektif daripada gambar dimana nilai rata-rata 81,4167 >74,3750. Hasil ini juga diperkuat dengan nilai sig video 0,020 < 0,05. Kata Kunci: media, pengajaran menulis, teks hortatory eksposisi, pendekatan berbasis teks.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Feb 2018 02:25
Last Modified: 09 May 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55333

Actions (login required)

View Item View Item