ANALISIS KEUNTUNGAN INVESTASI PENDIDIKAN DI PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (2000-2009)

Pratiwi, Narmi (2018) ANALISIS KEUNTUNGAN INVESTASI PENDIDIKAN DI PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (2000-2009). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NARMI PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keuntungan investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY angkatan 2000-2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY angkatan 2000-2009 dengan sampel sebanyak 146 lulusan. Pengumpulan sampel menggunakan metode snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY dihitung menggunakan short-cut method hasil penelitian menunjukkan bahwa private rate of return sebesar 35,6% dan sosial rate of return sebesar 19,92%. Hal ini berarti investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY lebih menguntungkan sebagai bentuk investasi individu, terlihat dari gaji lulusan yang meningkat setelah lulus S1. (2) Investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY dihitung menggunakan reverse cost-benefit method hasilnya menunjukkan bahwa investasi pendidikan dapat dilakukan pada tingkat suku bunga 7,81% karena manfaat yang diperoleh lulusan lebih besar daripada aspek biaya dan kerugian yang akan ditanggung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keuntungan investasi pendidikan, short-cut method, private rate of return, sosial rate of return, reverse cost-benefit method
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55331

Actions (login required)

View Item View Item