Manajemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Budaya di SMPN 3 Banguntapan Bantul

Widodo, Petrus and Budiningsih, Asri (2017) Manajemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Budaya di SMPN 3 Banguntapan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-petrus widodo-15703251029.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: alasan penerapan pendidikan berbasis budaya, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan faktor pendukung serta faktor penghambat kurikulum pendidikan berbasis budaya di SMPN 3 Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru dan siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Data dari penelitian ini dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) alasan penerapan pendidikan berbasis budaya karena keprihatinan kepala sekolah terhadap kondisi siswa dan didasarkan pada peraturan daerah DIY. (2) Perencanaan dilakukan dengan workshop. Proses perencanaan kurikulum merumuskan komponen: yaitu tujuan, materi/isi, metode/strategi dan evaluasi. Komponen tujuan dan komponen isi materi dapat dikatakan telah berbasis budaya atau telah terinternalisasi konten budaya. (3) Pelaksanaan dilakukan melalui: internalisasi budaya dalam kegiatan pembelajaran (intrakurikuler), penguatan/pembiasaan dalam kegiatan kokurikuler, dan ekstrakurikuler yang mengarah pada berbasis budaya. (4) Pengawasan dilakukan dua kali setahun oleh kepala sekolah dan guru senior. (5) Evaluasi keterlaksanaan kurikulum dilakukan lebih menekankan pada perubahan karakter siswa. Ketercapaian kurikulum SMPN 3 Banguntapan Bantul, menunjukan pada pencapaian prestasi dari siswa dan institusi sejak penerapan sekolah berbasis budaya. (6) faktor pendukung berupa niat dan motivasi yang kuat dari guru dan kepala sekolah, kompetensi siswa yang mengarah pada bidang non akademik, dukungan masyarakat dan pemerintah. (7) Faktor penghambat berasal dari guru sekolah itu sendiri. Kata Kunci: manajemen kurikulum, pendidikan berbasis budaya

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2018 06:17
Last Modified: 09 May 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55318

Actions (login required)

View Item View Item